Skip to main content

Kisah Teladan Taaruf

Alkisah seorang wanita yang terdapat pada sebuah desa terpencil di pelosok desa , wanita ini di didik orang tuanya menggunakan  kaidah kaidah islamiyah mulai dia bangun tidur hingga dia tidur lagi , teladan inilah yang akan kami ceritakan dan kami angkat sebagai topic cerita kali ini terutama masalah Taaruf .
Alkisah wanita ini semenjak kecil hidup bersama ayah nya yang bernama pak kardi. Pak kardi ini sangatlah taat dalam beribadah dan sangat lah mentaati semua peraturan yang ada di  dalam ilmu islam mulai dari dia kecil sudah merasakan hidup di pondok pesantren  . hidup sederhana di pesantren dan penuh dengan bimbingan pak kyai pesantren nya dia menuntut ilmu . pak kardi sekarang sudah beranjak separuh baya dan dia memiliki anak semata wayang yang bernama aminah .
Aminah anak yang penurut, aminah di didik oleh pak kardi dengan kaidah islamiyah yang kental . pak kardi pun mengajarkan hukum islam buat seorang wanita yang benar dan tidak menyalahi paham yang di anut pak kardi yaitu islam . pada suatu hari pak kardi pergi ke kebun nya dengan anak nya untuk mencari bahan makanan untuk mereka masak dan santap malam nya nanti . pak kardi pun mengajak si aminah ke kebun untuk mencari bahan makanan :
Bapak            : Nak kita ke kebun belakang , kita mencari makanan untuk kita santap nanti malam
            Anak              : Iya bapak mari kita mencari bersama
            Bapak            : jangan lupa gunakan kerudung mu dan tutupi lengan mu nak !
                                    Karena disana banyak nyamuk yang mengintai kita
            Anak              : iya bapak saya akan menutup nya
Setelah sampai di kebun nya pak kardi pun bergegas memetik daun singkong yang muda dan aminah pun membantu untuk mengumpulkan nya untuk mereka masak di malam itu
Bapak            : ambil secukup nya saja nak ! karena yang akan kita makan tidak banyak
Anak              : iya bapak saya akan mengambil secukup nya saja untuk makan kita berdua
Setelah di rasa cukup pak kardi dan aminah pun berhenti memetikk daun singkong yang muda dan bergegas kembali ke rumah nya , di tengah jalan pak kardi melihat buah manga nya telah masak dan pak kardi pun bilang ke aminah apa yang dia liat .
            Bapak            : anak ku liat buah manga kita telah masak ?
                                    Apakah kamu mau nak ?
            Anak              : tidak lah pak karena makanan kita sekarang lebih dari cukup
Kita buat makan besok saja . jadi besok kita ambil buah manga nya
            Bapak            : baik nak kalau begitu kita lanjutkan perjalan pulang kita
            Anak              : iya bapak !
Setelah sampai rumah aminah dan pak kardi pun bergegas membersihkan daun singkong yang mereka petik nya dan aminah pun segera memasak nya untuk di makan malam hari nya
Malam pun telah sampai setelah solat magrib berjamaah aminah dan pak kardi bergegas ke ruang makan untuk makan malam bersama. Selang beberapa lama mereka selesai makan dan bergegas untuk berwdhu kembali dan menunggu waktu solat isya dan berbincang bincang mereka berdua sambil menuggu waktu dan setelah waktu solat isya dating mereka bergegas untuk emnjalan kan sholat berdua
Dan setelah selesai solat mereka berpindah ke ruang tengah dan melanjutkan dengan nonton televisi dan ketika agak malam mereka bergegas tidur .
Keesokan hari nya aminah pun mengajak bapak ke kebon untuk melihat manga yang kemarin mau di ambil nya oleh orang tua nya tersebut dan begitu kaget nya mangga itu hilang entah kemana .
Si aminah pun merasa sedih dan bergegas mengajak bapak nya pulang ke rumah kembali dengan rasa kecewa . selang beberapa saat ada orang yang mengetuk pintu rumah nya dan pak kardi pun membuka nya
            Pria                 : Assalamulaikum
            Bapak            :Waalaikum Salam
            Pria                 : Bapak apakah pemilik pohon mangga yang di tepi kebun itu
            Bapak            : Iya Benar nak ! Ananda siapa ? ada keperluan apa ?
            Pria                 : saya karim pak .
Saya kemarin lewat di depan pohon mangga bapak dan saya pun mendapati mangga yang sedang masak itu di atas sana , karena saya kemarin habis perjalanan jauh dari sebrang saya pun merasa dahaga dan saya pun memetik mangga milik bapak tanpa seizing bapak . dan saya habis kan kemarin di situ pula pak mangga nya .
Maksud saya sekarang ke rumah bapak untuk bilang kalau mangga yang kemarin saya yangmengambil dan saya pun akan bertanggung jawab atas apa yang saya lakukan kemarin .
Bapak            : oh pantas saja anak saya tadi lihat mangga nya kata nya sudah tiada dan dia sekarang merasa sedih 
                        Apakah kamu mau menerima segala hukuman dari aku anak muda dengan apa yang kamu lakukan kemarin
Pria                 : IYA bapak karena apa yang saya lakukan kemarin adalah tanggung jawab saya sekarang
Bapak            : apakah kamu mau menjaga kan kebun bapak selama 1 minggu ini agar tetap bersih
Pria                 : iya pak akan saya lakukan
Pria ini pun menjaga kebun pak kardi selama satu minggu penuh dan tak di sangka pak kardi pun puas dengan apa yang dia lihat nya di kebunnya karena kebun nya bersih bahkan sehelai daun pun tiada di kebun nya sekarang dan pak kardi pun mendatangi si pria tersebut
Bapak            : nak . jikalau aku memperpanjang masa hukuman  mu bagaimana ? apakah kamu keberatan nak
Pria                 : Tidak pak selama bapak mau mengikhlaskan mangga buat saya apapun akan saya lakukan
Bapak            : baiklah saya menambah hukuman mu menjadi satu minggu lagi nak ? apakah kamu keberatan nak ?
Pria                 : Tidak pak akan saya lakukan dengan ikhlas dan dengan sebaik baik nya
Bapak            : terima kasih nak
Tak di sangka satu minggu berikut nya pun telah berjalan dan hasil nya mengejutkan dan tetap dalam keadaan bersih kebun pak kardi dan pak kardi pun merasa lebih puas dan bangga dengan kerja dari si pria tersbut . dan pak kardi pun memberanikan diri untuk menanyakan satu pertanyaan nya lagi.
            Bapak                        : nak aku ada pertanyaan lagi buat kamu , apakah kamu bersedia        
                                    Mempersunting anak ku
                                    Tapi perlu kamu tau nak . 
1.     putriku itu dalam keadaan buta ,
2.     putri ku dalam keadaan tuli
3.     puti ku dalam keadaan bisu
4.     putri ku dalam keadaan tanpa tangan dan kaki
apakah kamu mempersunting nya nak ?
Pria                 : iya bapak selama bapak mau mengikhlaskan manga nya buat saya
Bapak            : iya . akan saya panggil anak bapak .
                        Aminah sini nak !!!

Sang Pria pun terkejut setelah melihat aminah anak bapak ini . ternyata putri bapak kardi ini sangat lah cantik jelita , tanpa ada kekurangan apapun
            Pria                 : Kata Bapak anak bapak tadi   
1.     putriku itu dalam keadaan buta ,
2.     putri ku dalam keadaan tuli
3.     puti ku dalam keadaan bisu
4.     putri ku dalam keadaan tanpa tangan dan kaki
Bapak            : Iya nak memang anak ku seperti yang saya bicarakan kepada mu
1.     Anak ku buta artinya mata anak ku tidak lah pernah melihat hal-hal yang tidak benar menurut syariah islam dan insyaallah anak ku menjaga setiap penglihatannya
2.     Anak ku dalam keadaan tuli artinya anak ku tidak pernah mendengarkan hal-hal yang di larang oleh syariah islam kecuali mendengarkan lantunan ayat al-qur an
3.     Anak ku dalam keadaan bisu artinya anak ku tidak pernah berbicara menyakiti orang lain dengan mulut nya dan menjaga setiap perkataan nya
4.     Anak ku dalam keadaan tanpa tangan dan kaki artinya anakku tidak pernah menyakiti orang lain menggunakan tangan dan kaki nya  dan kaki dan tangan anaku ku di gunakan untuk mempermudah nya untuk beribadah
Apakah kamu mau di persunting pria ini anak ku . ini pilihan bapak semoga kamu bias membahagiakan bapak
Anak              : JAwaban saya di huruf hijaiyah yang terakhir pak
Bapak            : Iya saya paham
Dan setelah percakapan itu selesai . dan berakhir

Dan beberapa minggu kemudia mereka menikah dan hidup bahagia 

Comments

Popular posts from this blog

Pengumpulan Tugas Kelas XI TKJ - 2021-2022

Berdasarkan pembelajaran luring dari saya atas nama Pratama Gilang Firmansyah, S.Kom., MM silakan anda untuk mengunjungi Link berikut untuk melakukan pengumupulan tugas  dan yang saya sampaikan tadi  1.  Pengumpulan Tugas  Untuk siswa kelas XI Teknik Komputer dan jaringan silakan mengumpulkan tugas pada link dibawah ini sesuai dengan link yang sudah saya bagikan  Disini      Terima kasih  Wassalamualaikum wr.wb

Membuat topologi jaringan menggunakan routing static dengan cisco packet tracer

  Apa yang dimaksud routing static ? Static Routing atau Routing statis adalah sebuah router yang memiliki tabel routing statik yang di setting secara manual oleh para administrator jaringan. Routing static merupakan pengaturan paling sederhana dalam suatu jaringan komputer. Nah, disini kita akan belajar contoh penggunaan dari routing static tersebut. Contohnya seperti yang akan kita lakukan dibawah, selamat belajarr :) Buka aplikasi cisco packet tracer kemudian kita letakkan 2 router, 2 switch dan terdapat 2 PC pada masing-masing router. Pada gambar dibawah, hubungkan PC dengan Switch dan Router dengan Switch. Untuk menghubungkan Router dengan Router kita menggunakan kabel Cross. Pada gambar dibawah terdapat beberapa kab e l untuk menghubungkan sebuah jaringan yang bisa dilihat di cisco packet tracer. Namun untuk menghubungkan perangkat yang berbeda device, contohnya seperti PC dan Switch digunakan kabel Straight, namun jika perangkat sama seperti Router dengan router maka digunakan k