Skip to main content

membuat hitung luas dengan elcipse xxx


Aplikasi Android Sederhana – Menghitung Luas Persegi Panjang

Sebelum memulai dengan tutorial ini, bagi yang belum menyiapkan software untuk development aplikasi android, bisa menyiapkannya terlebih dahulu, untuk petunjuknya bisa lihat di Persiapan Membuat Aplikasi Android
Android sedang naik daun, membuat banyak orang ingin lebih tahu tentang android, khususnya dalam cara pembuatan aplikasinya. Penasaran dengan android akhirnya saya mencoba mempelajarinya.
Pada awal-awal mulai mempelajarinya tentunya ada beberapa kendala yang dihadapi, dari bagaiman cara installnya dieclipse, bagaimana cara menjalankannya dan bagaimana arsitektur applikasi android.
Sempat juga mengalami pada saat run applikasi muncul error sehingga muncul message “Force To Close”.
Pusing juga yah, tapi kita harus tetap berusaha dan jangan mudah menyerah.
Alhamdulillah akhirnya jadi juga aplikasi android pertama saya, aplikasi android yang sederhana. yang fungsinya untuk menghitung luas persegi panjang. dan saya coba buat langkah-langkahnya menjadi sebuah tutorial.
Bagi yang ingin mengetahui cara pembuatannya, berikut langkah-langkah yang dilakukan :
1. Jalankan Eclipse (sebaiknya gunakan versi 3.5 Galileo)
2. Buat  new Project, lalau Pilih Android Project
3. Isi Keterangan-keterangan Project Seperti dibawah ini
Pada saat project pertama kali dibuat ada 3 file penting yang langsung dibuat, yaitu
  • main.xml
  • string.xml
  • HitungPersegiPanjang.java
Pada saat project pertama kali dibuat ada 3 file penting yang langsung dibuat, yaitu
  • main.xml
  • string.xml
  • HitungPersegiPanjang.java
4. edit file main.xml
main.xml adalah digunakan untuk menggambar layout dan user interface di android, dengan menggunakan format bahasa xml
Pada file main.xml ketikkan script dibawah ini
01<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>
02<LinearLayout xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"
03    android:orientation="vertical"
04    android:layout_width="fill_parent"
05    android:layout_height="fill_parent"
06    >
07
08<TextView
09    android:layout_width="fill_parent"
10    android:layout_height="wrap_content"
11    android:text="@string/hello"
12    />
13<TextView android:text="Panjang :"
android:id="@+id/TextView01"
android:layout_width="wrap_content"
android:layout_height="wrap_content"></TextView>
14<EditText android:text=""
android:id="@+id/txtPanjang"
android:layout_width="fill_parent"
android:layout_height="wrap_content"
android:inputType="numberSigned|numberDecimal"></EditText>
15
16<TextView android:text="Lebar :"
android:id="@+id/TextView02"
android:layout_width="wrap_content"
android:layout_height="wrap_content"></TextView>
17<EditText android:text=""
android:id="@+id/txtLebar"
android:layout_width="fill_parent"
android:layout_height="wrap_content"
android:inputType="numberSigned|numberDecimal"></EditText>
18<Button android:text="Hitung Luas"
android:id="@+id/btnHitung"
android:layout_width="fill_parent"
android:layout_height="wrap_content"
android:onClick="hitungLuas"></Button>
19<TextView android:text="Luas :"
android:id="@+id/TextView03"
android:layout_width="wrap_content"
android:layout_height="wrap_content" ></TextView>
20<EditText android:text=""
android:id="@+id/txtLuas"
android:layout_width="fill_parent"
android:layout_height="wrap_content"
android:editable="false"></EditText>
21</LinearLayout>
Pada aplikasi ini kita menggunankan LinearLayout dengan orientasi vertical, yang berarti setiap object yang kita gambar akan disusun secara vertical (satu object satu baris).
Perhatikan bagian ini
1<TextView
2    android:layout_width="fill_parent"
3    android:layout_height="wrap_content"
4    android:text="@string/hello"
5    />
Ini artinya TextView ini isi textnya diambil dari variable hello pada file string.xml
5. edit file string.xml
string.xml adalah sebagai pembantu dari main.xml, agar main.xml kita terlihat rapih dan tidak terlalu panjang dan memudahkan kita dalam membacanya maka kita bisa mebuat string object pada string.xml, dari main.xml tinggal panggil name nya saja.
Sekarang mari kita buka file string.xml. lalu ketikan kode dibawah ini
1<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>
2<resources>
3    <string name="hello">Isi Nilai Panjang dan Lebar lalu klik Hitung Luas !</string>
4    <string name="app_name">Persegi Panjang</string>
5</resources>
Coba perhatikan, disitu terlihat hello, jadi apa bila dijalankan TextView pada main.xml diatas akan menampilkan tulisan “Isi Nilai Panjang dan Lebar lalu klik Hitung Luas !”.
Pada aplikasi ini kita menggunakan 3 object untuk user interfacenya yaitu TextView, EditText dan Button.
ObjectFungsi
TextViewsama seperti label pada SWING, yaitu untuk menampilkan tulisan dilayar.
EditLabelsama seperti TextBox pada SWING, yaitu untuk user menginputkan data
ButtonSama seperti Button pada SWING yaiu sebagai Trigger untuk menjalankan suatu Fungsi
6. Edit file HitungPersegiPanjang.java
HitungPersegiPanjang.java adalah pemain utama, yang akan djalankan pada saat applikasi dijalankan. Pada class ini, kita buat untuk dapat membaca data yang diinputkan user dalam hal ini inputan panjang dan lebar, kemudan menghitunngnya dan menampilkan hasilnya.
Sekarang Buka file HitungPersegiPanjang.java dan ketikkan kode dibawah ini
01package com.agus;
02
03/**
04 * Class HitungPersegiPanjang
05 * @version 1.0 Oct 03, 2010
06 * @author Agus Haryanto (agus.superwriter@gmail.com)
07 * @website http://agusharyanto.net
08 */
09
10import android.app.Activity;
11import android.os.Bundle;
12import android.view.View;
13import android.widget.Button;
14import android.widget.EditText;
15
16public class HitungPersegiPanjang extends Activity {
17    private EditText txtPanjang;
18    private EditText txtLebar;
19    private EditText txtLuas;
20    private Button btnHitung;
21
22    /**
23     * Method yang dipanggil pada saat applikaasi dijalankan
24     * */
25    @Override
26    public void onCreate(Bundle savedInstanceState) {
27
28        super.onCreate(savedInstanceState);
29        setContentView(R.layout.main);
30        txtPanjang = (EditText) findViewById(R.id.txtPanjang);
31        txtLebar = (EditText) findViewById(R.id.txtLebar);
32        txtLuas = (EditText) findViewById(R.id.txtLuas);
33        btnHitung = (Button) findViewById(R.id.btnHitung);
34
35    }
36
37    /**
38     * Method untuk Menghitung Luas Persegi panjang dipanggil pada saat button
39     * Hitung Luas diklik
40     *
41     * @param view
42     */
43    public void hitungLuas(View view) {
44        try {
45
46            int panjang = Integer.parseInt(txtPanjang.getText().toString());
47            int lebar = Integer.parseInt(txtLebar.getText().toString());
48            int luas = panjang * lebar;
49            txtLuas.setText(String.valueOf(luas));
50        catch (Exception e) {
51            e.printStackTrace();
52        }
53    }
54}


Pada saat applikasi dijalankan, maka method yang pertamakali dipanggil adalah method onCreate
Perhatikan kode ini
txtPanjang = (EditText) findViewById(R.id.txtPanjang);
kode diatas digunakan agar kita bisa melakukan manipulasi terhadap object txtPanjang yang kita gambar pada main. Xml
buka file main.xml perhatikan kode ini
1<Button android:text="Hitung Luas" android:id="@+id/btnHitung" android:layout_width="fill_parent"android:layout_height="wrap_content" android:onClick="hitungLuas"></Button>
Ini menandakan bahwa apabila kita mengklik tombol Hitung Luas maka akan memanggil method hitungLuas
8. Run Project,  Caranya klik kanan project PersegiPanjang, pilih Run As lalu pilih  Run Configration. Isikan keterangan-keteranagnnya seperti dibawah ini. Lalu klik tombol Run
Tujuannya agar applikasi kita langsung dijalankan pada emulator android.
Perhatinkan Log yang ada pada jendela console
Menjelaskan proses-proses yang terjadi pada emulator android.
Emulator sedang melakukan start up
Emulator siap menjalankan program
Klik tombol Menu, maka akan langsung menjalankan Project PersegiPanjang
Isi Nilai Panjang dan lebar
Klik Tombol Hitung
Untuk Menutup applikasi, karena kita belum buat button Closenya kita tombol escape saja pada keyboard.
Untuk menjalankan Applikasi Persigi Panjang lagi, klik tombol Menu dan Klik Icon Persegi Panjang
9. Sampai bertemu pada tutorial android selanjutnya
Jika ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan.
untuk source codenya bisa didownlaod disini Download
Salam Hangat

Pratamagilangfirmansyah.blogspot.com

Comments

Popular posts from this blog

Pengumpulan Tugas Kelas XI TKJ - 2021-2022

Berdasarkan pembelajaran luring dari saya atas nama Pratama Gilang Firmansyah, S.Kom., MM silakan anda untuk mengunjungi Link berikut untuk melakukan pengumupulan tugas  dan yang saya sampaikan tadi  1.  Pengumpulan Tugas  Untuk siswa kelas XI Teknik Komputer dan jaringan silakan mengumpulkan tugas pada link dibawah ini sesuai dengan link yang sudah saya bagikan  Disini      Terima kasih  Wassalamualaikum wr.wb

Membuat topologi jaringan menggunakan routing static dengan cisco packet tracer

  Apa yang dimaksud routing static ? Static Routing atau Routing statis adalah sebuah router yang memiliki tabel routing statik yang di setting secara manual oleh para administrator jaringan. Routing static merupakan pengaturan paling sederhana dalam suatu jaringan komputer. Nah, disini kita akan belajar contoh penggunaan dari routing static tersebut. Contohnya seperti yang akan kita lakukan dibawah, selamat belajarr :) Buka aplikasi cisco packet tracer kemudian kita letakkan 2 router, 2 switch dan terdapat 2 PC pada masing-masing router. Pada gambar dibawah, hubungkan PC dengan Switch dan Router dengan Switch. Untuk menghubungkan Router dengan Router kita menggunakan kabel Cross. Pada gambar dibawah terdapat beberapa kab e l untuk menghubungkan sebuah jaringan yang bisa dilihat di cisco packet tracer. Namun untuk menghubungkan perangkat yang berbeda device, contohnya seperti PC dan Switch digunakan kabel Straight, namun jika perangkat sama seperti Router dengan router maka digunakan k