Skip to main content

Agar Windos Aman Dari Serangan Virus


AGAR WINDOWS TERBEBAS DARI SERANGAN VIRUS

            Hai sobat, postingan pertama saya adalah bagaimana menjaga windows kita agar terbebas dari serangan virus. Virus tidak hanya dapat merusak sistem windows saja, tetapi virus juga dapat merusak file-file yang telah disimpan sobat seperti file dokumen sobat, bahkan sekarang banyak virus yang dapat merusak file berekstensi .exe sehingga jika ada softwareyang terkena virus maka akan sangat fatal akibatnya karena sangat jarang Anti Virus yang dapat merepairnya. Dampaknya software yang terinfeksi virus tersebut tidak akan bisa dibuka.
          Hal tersebut sangat menjengkelkan tentunya, apalagi jika sudah parah dan menyerang sistem windows, tentu masih bisa diatasi biasanya dengan membawa ke teknisi komputer atau mengintal ulang sistem windows, hal ini merupakan jalan terakhir yang ditempuh jika anti virus tidak dapat lagi menangani virus.
Nah tanpa memperpanjang kata-kata lagi berikut ini hal yang biasa saya lakukan agar dapat meminimalisir serangan virus :

1.           Pasang Antivirus Favorit Sobat & Jangan Lupa Untuk Mengupdatenya ( priority 60% )

Hal yang paling penting adalah kita harus menginstal software antivirus ntah itu yang gratis ataupun yang berbayar ( tergantung ekonomi sobat, he...he...he... ) dan jangan lupa untuk mengupdate database & versinya.
a.       mengapa harus mengupdate databasenya
anti virus yang bagus adalah antivirus yang salalu mengupdate database virusnya, hal ini berguna agar antivirus dapat mengenali virus-virus baru yang dibuat oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Percuma jika sobat mempunyai antivirus yang berharga mahal sekalipun jika tidak diupdate maka antivirus tersebut tidak dapat mengenali virus-virus baru, walaupun kebanyakan antivirus sudah memiliki teknik Heuristik ( mencoba mengenali DNA virus yang belum ada didalam database antivirus tersebut ) tapi tetap saja kurang optimal. Saran saya sobat update saja antivirus nya minimal 1 kali dalam seminggu.

b.      Mengapa juga harus mengupgrade versinya
Ingat sobat database & versi itu berbeda, versi itu ya.... sama seperti anda menginstal windows XP, lalu mengupgradenya ke windows 7 yang tentu dari segi fitur,tampilan, dukungan,keamanan dan performa windows 7 jauh lebih baik, nah begitu juga antivirus sobat sebenarnya hal ini tidak sepenting mengupdate databasenya, tapi tidak ada salahnya kan jika sobat mengupgrade versinya agar lebih optimal, oh ya biasanya dengan upgrade ke versi terbaru kita akan mendapakan fitur yang ridak ada di versi sebelumnya, biasanya seperti peningkatan terhadapat teknik heuristk, tampilan, support bahasa, dan penambahan fitur lainnya.

Saran dari saya instal satu antivirus luar seperti avast,avira,AVG,kaspersky,komodo,bitdefender
dll dan sandingakan dengan satu antivirus lokal seperti smadav,ansav,PC mav dll.
Tergantung kebutuhan anda, jika sering terhubung keinternet, download crack dll atau anda ingin mendapatkan semua fitur dari anti virus tersebut maka pakai lah versi Internet Security, tapi jika sobat jarang terkoneksi ke internet alias komputernya Cuma buat pajangan, he...he... bercanda maka sobat cukup menggunakan yang gratisan, percuma kan pakai yang berbayar tapi komputernya jarang terkoneksi keinternet.Biasanya yang berbayar lebih baik dari yang gratisan, tapi show saya juga pakai yang gratisan.

2.                   2.     Update Windows  ( priority 25% )

Selain berfungsi untuk meningkatkan performa dan kestabilan windows, windows updatejuga berfungsi untuk keamanan windows sobat, nggak mungkin suatu produk yang di lempar kepasaran langsung sempurna, nah untuk itulah windws update ini berfungsi untuk menutuppi celah-celah keaman windows yang dapat dimamfaatkan virus agar dapat menyerang sistem. Jika windows telah diupdate maka celah itu telah diperbaiki sehingga tidak akan bisa diserang virus, bahasa simpelnya dengan update membuat windows jadi kebal virus walaupun tentu tidak 100 %.
Windows update terdiri dari dua pilihan, yaitu important dan optional. Saya saran sobat untuk mengupdate yang important saja ( meliputi update keamanan windows, microsoft office, dll ) jadi lebih hemat memory hard disk. Jilka sobat memiliki koneksi yang cukup baik seperi menggunakan jaringan wifi maka tidak ada salahnya untuk mengupdate yan optionalnya. Bagi yang koneksi internet nya pas-pasan seperti saya agar windows update tidak menggangu ketika browsing ataupun download mak dapat diatur dengan cara masuk ke Control Panel > System And Security > turn automatic updating on or off pilih saja check for update leet me choose wheter to.....
Fungsinya agar dia tidak langsung mengupdate ( hanya mengecek ketersedian update saja ) jadi kita bisa memilih yang perlu diupdate dan kapan-kapan updatenya.
Nah buat windows yang bajakan alias hasil crack jangan takut untuk mengupdate. Caranya adalah dengan masuk ke control panel > system and security lalu pilih windows update klik yang important selanjutnya akan banyak tampilan windows yang perlu di update lalu hilangkan centang pada update for windows 7 (KB971033) lalu klik ok, nah sekarang tinggal update saja windows sobat tanpa takut di black list karena ketahuan bajakan.
Kabarnya windows sudah tidak menyediakan lagi update untuk windows XP, jadi buat pengguna windows XP sebaiknya mengupgrade ke windows 7 yang keamanannya jauh lebih baik. Buat yang masih betah pake XP update anti virus aja rajin-rajin.

3.          Matikan Autorun / Autoplay ( priority 10% )

Add caption
Fungsi autorun sendiri adalah agar removable media semisalnya kaset DVD ataupun flash disk dapat dibuka/dimainkan langsung, selebihnya saya tidak tau  lagi apa fungsi dari autorun ini.
Nah jika ada virus yang bersarang di flash disk kita maka virus tersebut dapat lagsung aktif karena proses dari autoplay tadi. Sebenarnya banyak yang mengkritik fitur ini tetap dipertahankan pada windows 7. Padahal telah banyak kasus yang terjadi pada windows XP.
Nah untuk itu saran saya sebaiknya fitur ini dimatikan, dengan cara masuk ke control panel > hardware and soud > autoplay > lalu hilangkan centang pada use autoplay for all media lalu ok saja.
Cara ini terbukti membuat windows saya awet dan bekerja seperti awal di instal ulang.

4.                4.            Scan Flash Disk Secara Manual ( priority 5% )
Biasakan lah menscan flash disk secara manual, walaupun anti virus akan scan otomatis flash disk, alangkah baiknya kita melakukan scan manual dengan cara klik kanan pada flas disk > scan with....

Comments

Popular posts from this blog

Pengumpulan Tugas Kelas XI TKJ - 2021-2022

Berdasarkan pembelajaran luring dari saya atas nama Pratama Gilang Firmansyah, S.Kom., MM silakan anda untuk mengunjungi Link berikut untuk melakukan pengumupulan tugas  dan yang saya sampaikan tadi  1.  Pengumpulan Tugas  Untuk siswa kelas XI Teknik Komputer dan jaringan silakan mengumpulkan tugas pada link dibawah ini sesuai dengan link yang sudah saya bagikan  Disini      Terima kasih  Wassalamualaikum wr.wb

Membuat topologi jaringan menggunakan routing static dengan cisco packet tracer

  Apa yang dimaksud routing static ? Static Routing atau Routing statis adalah sebuah router yang memiliki tabel routing statik yang di setting secara manual oleh para administrator jaringan. Routing static merupakan pengaturan paling sederhana dalam suatu jaringan komputer. Nah, disini kita akan belajar contoh penggunaan dari routing static tersebut. Contohnya seperti yang akan kita lakukan dibawah, selamat belajarr :) Buka aplikasi cisco packet tracer kemudian kita letakkan 2 router, 2 switch dan terdapat 2 PC pada masing-masing router. Pada gambar dibawah, hubungkan PC dengan Switch dan Router dengan Switch. Untuk menghubungkan Router dengan Router kita menggunakan kabel Cross. Pada gambar dibawah terdapat beberapa kab e l untuk menghubungkan sebuah jaringan yang bisa dilihat di cisco packet tracer. Namun untuk menghubungkan perangkat yang berbeda device, contohnya seperti PC dan Switch digunakan kabel Straight, namun jika perangkat sama seperti Router dengan router maka digunakan k