Skip to main content

Membuat Widget Chatting Online di WordPress

Banyak cara yang bisa kita gunakan untuk melakukan interaksi dengan pengunjung website kita, salah satunya adalah dengan berdialog secara langsung via media chatting (baik YM!, Skype, CBox, Shoutbox dan seterusnya) yang banyak bertebaran di internet.
Salah satu media chatting yang bisa anda gunakan selain media di atas adalah ChatwingChatwing adalah sebuah fasilitas/widget chat online berbasis Facebook/Twitter yang bisa kita tempelkan pada blog kita. Saya katakan berbasis Facebook/Twitter, karena kita bisa langsung melakukan chatting dengan pengunjung melalui akun Facebook/Twitter kita.
Cara membuat chatwing ini sangat mudah, dengan step standard yang biasa kita lakukan ketika kita mendaftarkan sebuah Widget. Berikut langkah-langkahnya :
Mendapatkan Embed Code Chatwing
1. Bukalah browser anda dan ketikkan http://chatwing.com, maka halaman depan Chatwing akan ditampilkan.
2. Klik tombol Get Chatwing. Maka kotak dialog Register New Account akan ditampilkan. Isilah Email danPassword untuk login di Chatwing nantinya, dan beri tanda centang pada Agree to TOS and License.
3. Selanjutnya akan ditampilkan Halaman Chatwing Admin. Pada halaman ini anda bisa mengatur tampilan Chatwing yang akan disisipkan ke blog anda pada bagian Basic Customization (Chatbox color, Backsground image, font, audio, dan other styles).
4. Pada bagian kanan (chatbox alias), isilah dengan nama URL untuk chatwing nantinya, misalnya “Amiroh“, maka akan didapat URL chatwing http://chatwing.com/amiroh.
5. Dan pada chatbox options, lakukan pengaturan pada General (memberi nama chatbox), Moderator, Filter, Login methods (menentukan login user) dan seterusnya.
6. Jika sudah, Klik tombol Save di bagian bawah kiri halaman.
7. Selanjutnya, Klik Use Chatbox untuk memperoleh embed code-nya. Pada bagian Embedded, tentukan lebar dan tinggi Chatwing dan copylah kode yang ada di bawahnya.
Kode ini-lah yang akan anda sisipkan pada Widget WordPress (Tipe Text) blog anda.
8. Klik Save.
Menampilkan Chatwing pada Widget WP:
1. Loginlah ke dashboard WordPress anda.
2. Klik Appereance > Widgets > Pilih Text Widget.
3. Pastelah kode chatwing yang telah di copy sebelumnya pada kolom Widget text ini.
4. Klik Save.
Untuk melihat hasilnya, Refresh blog wordpress anda.
Done! Fasilitas Chatting Online anda akan ditampilkan pada deretan Widget WordPress anda.
Selamat mencoba ðŸ˜€

Comments

Popular posts from this blog

Pengumpulan Tugas Kelas XI TKJ - 2021-2022

Berdasarkan pembelajaran luring dari saya atas nama Pratama Gilang Firmansyah, S.Kom., MM silakan anda untuk mengunjungi Link berikut untuk melakukan pengumupulan tugas  dan yang saya sampaikan tadi  1.  Pengumpulan Tugas  Untuk siswa kelas XI Teknik Komputer dan jaringan silakan mengumpulkan tugas pada link dibawah ini sesuai dengan link yang sudah saya bagikan  Disini      Terima kasih  Wassalamualaikum wr.wb

Membuat topologi jaringan menggunakan routing static dengan cisco packet tracer

  Apa yang dimaksud routing static ? Static Routing atau Routing statis adalah sebuah router yang memiliki tabel routing statik yang di setting secara manual oleh para administrator jaringan. Routing static merupakan pengaturan paling sederhana dalam suatu jaringan komputer. Nah, disini kita akan belajar contoh penggunaan dari routing static tersebut. Contohnya seperti yang akan kita lakukan dibawah, selamat belajarr :) Buka aplikasi cisco packet tracer kemudian kita letakkan 2 router, 2 switch dan terdapat 2 PC pada masing-masing router. Pada gambar dibawah, hubungkan PC dengan Switch dan Router dengan Switch. Untuk menghubungkan Router dengan Router kita menggunakan kabel Cross. Pada gambar dibawah terdapat beberapa kab e l untuk menghubungkan sebuah jaringan yang bisa dilihat di cisco packet tracer. Namun untuk menghubungkan perangkat yang berbeda device, contohnya seperti PC dan Switch digunakan kabel Straight, namun jika perangkat sama seperti Router dengan router maka digunakan k