Skip to main content

Aplikasi Perpustakaan Berbasisi Website

Kemajuan teknologi informasi, telah menuntut perpustakaan baik milik sekolah atau instansi untuk bertransformasi menjadi perpustakaan berbasis teknologi informasi dalam hal pelayanannya. Mau tidak mau, teknologi informasi harus diterapkan dalam semua proses bisnis pelayanan perpustakaan. Salah satu penggunaanya adalah dengan menerapkan Sistem Informasi Perpustakaan. Sistem Informasi Perpustakaan adalah sistem aplikasi/software yang digunakan dalam pengelolaan perpustakaan, seperti manajemen data buku, manajemen data anggota, manajemen data transaksi peminjaman, dan lain sebagainya. 

Sebelumnya, saya telah membuat postingan dengan judul Aplikasi Perpustakaan Gratis Berbasis Web. Alhamdulillah, responnya baik sekali dari para pengunjung blog. Namun sayangnya, masih terdapat banyak bug-bug/kesalahan program yang didapati oleh para pengunjung dan pengunduh skrip/source code aplikasi perpustakaan berbasis web tersebut. Fasilitas yang ditawarkan pun masih minim, dan dengan tampilan yang seadanya juga. Hingga beberapa kali saya melakukan perbaikan-perbaikan di segi bug-bug program, dan saya re-upload skripnya. Pada aplikasi perpustakaan tersebut saya masih menggunakan bahasa pemrograman PHP murni, tanpa framework.

Pada posting yang kedua ini, saya kembali lagi membuat sebuah Aplikasi Perpustakaan. Fasilitas yang ditawarkan lebih banyak, daripada aplikasi yang saya posting sebelumnya. Berikut fasilitasnya :
  1. Untuk program, masih dengan PHP tapi Aplikasi Perpustakaan ini menggunakan framework Codeigniter.
  2. Untuk desain tampilan program, Aplikasi Perpustakaan menggunakan Twitter Bootstraap yang lebih mudah penggunaanya, namun dengan tampilan tetap elegan.
  3. Menu data anggota, dengan wewenang akses Tambah, Edit, dan Hapus
  4. Menu data buku, dengan wewenang akses Tambah, Edit, dan Hapus
  5. Menu data transaksi, dengan satu anggota bisa meminjam buku sebanyak 2 buku, dalam satu kali transaksi.
  6. Menu peralatan (tools), yaitu backup, restore, dan optimize database
  7. Menu laporan pengunjung, laporan peminjaman, laporan buku, laporan anggota, laporan statistik terbanyak.
  8. Menu data referensi jenis pustaka, kelas pustaka, lokasi pustaka.
  9. Menu pengaturan, pengaturan nama perpustakaan, pengaturan hari libur, dan pengaturan peminjaman.
  10. Pada tampilan awal, akan ditampilkan halaman buku tamu pengunjung perpustakaan (seperti pada aplikasi perpustkaan berbasis web sebelumnya.

Screenshot halaman depan Aplikasi Perpustakaan
Untuk dapat melihat Demo Aplikasi Perpustakaan Berbasis Web dengan Codeigniter dan Twitter Bootstraap, anda dapat meng-klik tautan di bawah ini :


Sementara untuk Link Download Aplikasi Perpustkaan Berbasis Web dengan Codeigniter dan Twitter Bootstraap, belum dapat kami publikasikan, karena saya masih saya perbaiki. Insha Alloh, dalam waktu dekat, akan segera saya upload di 4shared.com


DOWNLOAD APLIKASI PERPUSTAKAAN

  1. Download Database Aplikasi Perpustakaan Codeigniter
  2. Download Source Code Aplikasi Perpustakaan Codeigniter 

Perhatian, agar aplikasi dapat berjalan dengan normal : 

Konfigurasi :
  • Nama database : "db_simpustaka"
  • Hostname database : "localhost"
  • User database : "root"
  • Password database : <kosong>
  • Base URL : "http://localhost/simpustaka"
  • PHP short open tag : HARUS AKTIF
  • Apache Rewrite Module : HARUS AKTIF 

Comments

Popular posts from this blog

Pengumpulan Tugas Kelas XI TKJ - 2021-2022

Berdasarkan pembelajaran luring dari saya atas nama Pratama Gilang Firmansyah, S.Kom., MM silakan anda untuk mengunjungi Link berikut untuk melakukan pengumupulan tugas  dan yang saya sampaikan tadi  1.  Pengumpulan Tugas  Untuk siswa kelas XI Teknik Komputer dan jaringan silakan mengumpulkan tugas pada link dibawah ini sesuai dengan link yang sudah saya bagikan  Disini      Terima kasih  Wassalamualaikum wr.wb

Membuat topologi jaringan menggunakan routing static dengan cisco packet tracer

  Apa yang dimaksud routing static ? Static Routing atau Routing statis adalah sebuah router yang memiliki tabel routing statik yang di setting secara manual oleh para administrator jaringan. Routing static merupakan pengaturan paling sederhana dalam suatu jaringan komputer. Nah, disini kita akan belajar contoh penggunaan dari routing static tersebut. Contohnya seperti yang akan kita lakukan dibawah, selamat belajarr :) Buka aplikasi cisco packet tracer kemudian kita letakkan 2 router, 2 switch dan terdapat 2 PC pada masing-masing router. Pada gambar dibawah, hubungkan PC dengan Switch dan Router dengan Switch. Untuk menghubungkan Router dengan Router kita menggunakan kabel Cross. Pada gambar dibawah terdapat beberapa kab e l untuk menghubungkan sebuah jaringan yang bisa dilihat di cisco packet tracer. Namun untuk menghubungkan perangkat yang berbeda device, contohnya seperti PC dan Switch digunakan kabel Straight, namun jika perangkat sama seperti Router dengan router maka digunakan k