Skip to main content

apa itu VPN (Virtual Private Network)

Sebuah VPN, atau Virtual Private Network, memungkinkan Anda untuk membuat sambungan aman ke jaringan lain melalui Internet. VPN dapat digunakan untuk mengakses situs yang berada di luar jangkauan wilayah, melindungi aktivitas browsing Anda dari pencuri data pada Wi-Fi publik, dan banyak lagi.

VPN pada dasarnya meneruskan semua lalu lintas jaringan Anda ke jaringan, yang berguna untuk seperti mengakses local area network dari jarak jauh dan melewati sensor internet. Dan kebanyakan sistem operasi telah terintegrasi dengan dukungan VPN.

Apa itu VPN?
Ketika Anda menghubungkan komputer Anda (atau perangkat lain, seperti smartphone atau tablet) ke VPN, komputer bertindak sebagai jaringan lokal yang sama seperti VPN. Semua lalu lintas jaringan Anda dikirim melalui sambungan aman ke VPN. Karena komputer Anda berperilaku seolah-olah ada di jaringan, ini memungkinkan Anda untuk secara aman mengakses sumber daya jaringan lokal bahkan ketika Anda berada di sisi lain dunia. Anda juga akan dapat menggunakan internet seolah-olah Anda hadir di lokasi VPN, yang memiliki beberapa manfaat jika Anda menggunakan Wi-Fi atau ingin mengakses situs yang diblokir.

Ketika Anda menelusuri web saat terhubung ke VPN, kontak komputer Anda ke situs web melalui koneksi VPN terenkripsi. VPN meneruskan permintaan Anda dan meneruskan respon dari website kembali melalui sambungan aman. Jika Anda menggunakan VPN yang berbasis di AS untuk mengakses Netflix, Netflix akan melihat koneksi Anda berasal dari dalam Amerika Serikat.

Penggunaan VPN
VPN adalah alat yang cukup sederhana, tetapi dapat digunakan untuk melakukan berbagai hal:

Akses Jaringan Bisnis Ketika di Perjalanan : VPN sering digunakan oleh pelancong bisnis untuk mengakses jaringan bisnis mereka, termasuk semua sumber daya jaringan lokal, ketika di perjalanan. Sumber daya lokal tidak harus terhubung langsung ke Internet, sehingga meningkatkan keamanan.

Akses Jaringan Rumah Anda Ketika Bepergian : Anda juga dapat mengatur VPN Anda sendiri untuk mengakses jaringan Anda sendiri saat bepergian. Ini akan memungkinkan Anda untuk mengakses Remote Desktop Windows melalui Internet, berbagi berkas file, dan bermain game melalui internet seolah-olah Anda berada di LAN yang sama (local area network).

Menyembunyikan Aktivitas Browsing Anda Dari Jaringan Lokal Anda dan ISP : Jika Anda menggunakan koneksi Wi-Fi publik, aktivitas browsing Anda di situs web non-HTTPS terlihat untuk semua orang, jika mereka tahu bagaimana mencarinya. Jika Anda ingin menyembunyikan aktivitas browsing Anda untuk sedikit lebih privasi, Anda dapat terhubung ke VPN. Jaringan lokal hanya akan melihat satu sambungan aman VPN. Semua traffic lain akan melakukan perjalanan melalui koneksi VPN. Meskipun hal ini dapat digunakan untuk memotong koneksi-monitoring oleh penyedia layanan Internet Anda, ingatlah bahwa penyedia VPN dapat memilih untuk log lalu lintas di ujungnya.

Akses Website yang di Blokir : Ini adalah cara yang paling ampuh untuk bisa mengakses situs-situs yang diblokir dengan sangat mudah. Anda bisa menggunakan layanan VPN berbayar maupun layanan VPN gratis.

Bypass Sensor Internet : Banyak orang China menggunakan VPN untuk mengakali Great Firewall of China dan memperoleh akses ke seluruh internet. (Namun, Great Firewall tampaknya telah mulai mengganggu VPN)

Download File : Banyak orang menggunakan koneksi VPN untuk men-download file melalui BitTorrent. Ini sebenarnya dapat berguna bahkan jika Anda men-download torrents yang sepenuhnya legal - jika ISP Anda memblokir BitTorrent dan membuatnya sangat lambat, Anda dapat menggunakan BitTorrent pada VPN untuk mendapatkan kecepatan lebih cepat. Hal yang sama berlaku untuk jenis lain dari lalu lintas ISP Anda yang mungkin mengganggu (kecuali mereka mengganggu lalu lintas VPN itu sendiri.)

Menggunakan VPN
Menghubungkan ke VPN cukup sederhana. Pada Windows, tekan tombol Windows, ketik VPN, dan klik pilihan Set up virtual private network (VPN). (Jika Anda menggunakan Windows 8, Anda harus mengklik kategori Settings setelah mencari.) Gunakan wizard untuk memasukkan alamat dan login dari layanan VPN yang ingin Anda gunakan. Anda kemudian dapat menghubungkan dan memutuskan sambungan dari VPN menggunakan ikon jaringan di system tray yang sama di mana Anda mengelola jaringan Wi-Fi Anda.

Comments

Popular posts from this blog

Pengumpulan Tugas Kelas XI TKJ - 2021-2022

Berdasarkan pembelajaran luring dari saya atas nama Pratama Gilang Firmansyah, S.Kom., MM silakan anda untuk mengunjungi Link berikut untuk melakukan pengumupulan tugas  dan yang saya sampaikan tadi  1.  Pengumpulan Tugas  Untuk siswa kelas XI Teknik Komputer dan jaringan silakan mengumpulkan tugas pada link dibawah ini sesuai dengan link yang sudah saya bagikan  Disini      Terima kasih  Wassalamualaikum wr.wb

Membuat topologi jaringan menggunakan routing static dengan cisco packet tracer

  Apa yang dimaksud routing static ? Static Routing atau Routing statis adalah sebuah router yang memiliki tabel routing statik yang di setting secara manual oleh para administrator jaringan. Routing static merupakan pengaturan paling sederhana dalam suatu jaringan komputer. Nah, disini kita akan belajar contoh penggunaan dari routing static tersebut. Contohnya seperti yang akan kita lakukan dibawah, selamat belajarr :) Buka aplikasi cisco packet tracer kemudian kita letakkan 2 router, 2 switch dan terdapat 2 PC pada masing-masing router. Pada gambar dibawah, hubungkan PC dengan Switch dan Router dengan Switch. Untuk menghubungkan Router dengan Router kita menggunakan kabel Cross. Pada gambar dibawah terdapat beberapa kab e l untuk menghubungkan sebuah jaringan yang bisa dilihat di cisco packet tracer. Namun untuk menghubungkan perangkat yang berbeda device, contohnya seperti PC dan Switch digunakan kabel Straight, namun jika perangkat sama seperti Router dengan router maka digunakan k